Radang Otak !!

radang otak (meningitis)

obat radang otak

RADANG otak (Meningitis) mendadak menjadi pembicaraan hangat setelah penyakit ini merenggut Gizsca Putri Agustina Sahetapy, putri sulung artis Dewi Yull dan Ray Sahetapy, kemarin pagi di RS.dr.Suyoto, Bintarom Jakarta. Gizsca meninggal setelah menjalani operasi akibat penyakit meningitis atau radang otak yang dideritanya.

Timbul pertanyaan apa sih meningitis? Sekejam apakah gangguan penyakit ini hingga mampu merenggut nyawa kita? Meningitis atau radang otak adalah infeksi yang terjadi di sekitar otak dan saraf tulang belakang. Infeksi ini umumnya terjadi pada anak-anak, remaja dan dewasa muda. Orang dewasa juga sangat mungkin terkena penyakit ini dan biasanya disertai dengan melemahnya imun.

radang otak (meningitis)Radang otak sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Penyebabnya virus dan bakteri . Bisa juga oleh organisme lain dan beberapa jenis obat. Tetapi, virus dan bakteri merupakan penyebab paling umum. Dan, radang otak bisa menular dimana kuman penyebab gangguan ini bisa berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Bisa melalui batuk maupun bersin atau kontak lainnya.

Bahkan pada beberapa operasi perut/laparotomi misalnya karena adanya kebocoran usus besar akibat berbagai sebab, bisa menyebabkan radang otak . Menurut peneliti di Amerika , mereka pernah melaporkan angkanya sekitar 2%. Sebagian besar berkaitan dengan penyebaran kuman dari rongga perut, ikut aliran darah sampai ke otak.

waspada demam tinggi (Foto :Istimewa)Begitupun dengan TBC, mungkin saja hal tersebut terjadi bersamaan. Dalam hal ini kuman TBC telah menginfeksi otak/selaput otak dan perut. Ketika dilakukan operasi perut, tiba-tiba timbul gejala radang otak, kadang kita duga dari operasi perut penyebabnya. Kemungkinan ini bisa saja terjadi karena penyebaran kuman TBC ke seluruh bagian tubuh termasuk otak. Terutama mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah.

Begitupun dengan gigi berlubang. Jangan abaikan gigi yang berlubang karena menyimpan kuman dan kuman ini bisa menyebabkan meningitis.

Gejala paling umum meningitis di kalangan remaja adalah seperti leher kaku dan sakit, terutama saat kita mencoba menyentuh dagu atau dada. Selain itu demam yang diikuti sakit kepala, muntah, maupun kejang.

Sementara pada anak balita gangguan itu seperti rewel dan menolak makan, memiliki ruam di kulit, dan kemungkinan menangis saat dipegang. Bisa juga bertingkah seperti sedang menderita flu. Mereka bisa batuk atau mengalami gangguan pernapasan. Gejala seperti itulah yang menyerang Gisca.

Salah satu gejala meningitis adalah kejang (Foto :Istimewa)Setelah sekian lama bergelut dengan penyakitnya, ibu satu anak ini pun akhirnya meninggal dunia. Namun, meningitis bisa juga tidak menyebabkan kita kehilangan nyawa. Seperti yang pernah dialami putrid sulung pedangdut Anisa Bahar yakni Juwita Bahar yang sempat koma selama lebih kurang 15 hari akibat meningitis.

Ada dua jenis radang otak yang umum kita kenal yakni Viras Meningitis yang merupakan tipe radang otak paling umum. Tipe ini biasanya tidak menyebabkan penyakit serius. Biasanya bisa menyebabkan demam dan kejang berkepanjangan. Jenis lainnya, Bacterial Meningitis yang jarang terjadi namun butuh perhatian khusus. Radang otak ini perlu segera ditangani untuk mencegah kerusakan otak dan kematian.

Yang jelas, radang otak bukan penyakit sepela, maka jika sudah ada gangguan seperti di atas segera hubungi dokter.

radang otak bisa sembuh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: